Ratusan Santri dan Santriwati Diwisuda Pada Gelaran Wisuda Tahfizh Nasional 2021

Ratusan Santri dan Santriwati Diwisuda Pada Gelaran Wisuda Tahfizh Nasional 2021
beasiswa-idaqu
beasiswa-idaqu
beasiswa-idaqu

Bertepatan dengan Hari Santri Nasional 2021, sebanyak 390 santri dan santriwati dari Pesantren Tahfizh Daarul Qur'an, Pesantren Tahfizh Daarul Qur'an Takhassus dan Rumah Tahfidz diwisuda pada gelaran Wisuda Tahfizh Nasional 2021, Jum'at (22/10) malam.

Wisuda Tahfizh Nasional adalah acara tahunan yang diselenggarakan oleh Direktorat Pendidikan Daarul Qur'an dan diikuti oleh santri dari berbagai unit pendidikan Daarul Qur'an dengan kategori tertentu sebagai bentuk penghargaan atas perjuangan dalam menghafal Al-Qur'an.

Acara berlangsung di Pesantren Tahfizh Daarul Qur'an Cipondoh, Tangerang, dan disiarkan langsung melalui kanal YouTube Pesantren Daqu, PPPA Daqu dan Facebook PPPA Daarul Qur'an. Hadir dalam acara tersebut para pimpinan Daarul Qur'an seperti KH. Yusuf Mansur, KH. Ahmad Kosasih, KH. Ahmad Jamil, Ustadz Muhammad Anwar Sani, Ustadz Tarmizi As-Sidiq, Walikota Kota Tangerang Arief R Wismansyah, masyayikh, asatidz serta para tamu undangan.

Tokoh utama dalam acara ini, yakni para santri dan santriwati diwisuda dengan kategori yang beragam, mulai dari hafalan Al-Qur'an 5 juz, 15 juz hingga 30 juz serta berbagai kategori sanad. Sebelumnya, mereka telah mengikuti ujian sesuai kategorinya masing-masing.

Dari 390 santri dan santriwati yang dinyatakan lulus, 111 di antaranya adalah santri dan santriwati dari Pesantren Tahfizh Daarul Qur'an Takhassus serta Rumah Tahfidz yang notabene berbasis beasiswa. Mereka diwisuda pada kategori hafalan Al-Qur'an 30 juz.

Pimpinan Umum Daarul Qur'an, KH. Yusuf Mansur memberikan nasihatnya sebelum prosesi wisuda. Ia mengaku senang dan terharu dapat kembali mewisuda ratusan santri dalam gelaran Wisuda Tahfizh Nasional kali ini.

"Berharap penuh, mudah-mudahan ini bukan langkah akhir, tapi kita semua nanti dimuliakan Allah, dengan diwisuda betul, langsung sama Allah," ujarnya.

Setelah prosesi wisuda usai, diumumkanlah wisudawan dan wisudawati terbaik pada masing-masing kategori. Santriwati asal Rumah Tahfidz Aufa Mujahidah, Medan Johor, Sumatera Utara, yakni Indah Khuzaimah (20) dinyatakan sebagai wisudawati terbaik kategori hafalan Al-Qur'an 30 juz.

Hal tersebut tentu membuat bangga keluarga besar Laznas PPPA Daarul Qur'an dan Rumah Tahfidz Center. Mengingat, Indah, sapaan akrabnya adalah santri Rumah Tahfidz binaan Laznas PPPA Daarul Qur'an melalui Rumah Tahfidz Center yang notabene berbasis beasiswa. 

Direktur Utama Laznas PPPA Daarul Qur'an, Abdul Ghofur sangat mengapresiasi prestasi yang diraih oleh Indah. Di sisi lain, ia juga berterima kasih kepada para donatur Laznas PPPA Daarul Qur'an yang senantiasa mendampingi para penghafal Al-Qur'an. Menurutnya, atas dukungan para donatur ratusan penghafal Al-Qur'an dapat menyelesaikan hafalannya dan diwisuda dalam acara Wisuda Tahfizh Nasional.

"Alhamdulillah, Indah adalah satu dari ratusan santri kami yang sudah hafal 30 juz dan kemudian diwisuda, Indah juga mempersembahkan yang terbaik kepada kami dan para donatur. Kami ucapkan terima kasih kepada para donatur yang telah mendukung Indah dan banyak santri lainnya dalam menghafal Al-Qur'an. Semoga Allah senantiasa mengalirkan kebaikan kepada para donatur," tutur Ghofur.

Ia berarap bahwa semangat Indah dan ratusan santri yang diwisuda dapat diikuti oleh santri-santri lainnya baik dari Pesantren Tahfizh Daarul Qur'an Takhassus maupun Rumah Tahfidz. Sehingga acara Wisuda Tahfizh Nasional tahun-tahun berikutnya dapat kembali diramaikan oleh mereka. Tak hanya itu, hafalan mereka juga sebagai hadiah terbaik untuk orang tua, keluarga dan tentu saja para donatur. []