Inilah Sosok Rafika, Santri Rumah Tahfidz Ikhlasul Pratama yang Berhasil Hafal 30 Juz

Inilah Sosok Rafika, Santri Rumah Tahfidz Ikhlasul Pratama yang Berhasil Hafal 30 Juz
hari-santri-daarul-quran
hari-santri-daarul-quran

Satu lagi seorang hafidzah lahir di rumah tahfidz binaan PPPA Daarul Qur'an. Adalah Rafika Husna Ramadhani, santri putri dari Rumah Tahfidz Ikhlasul Pratama yang terletak di Bojonggede, Bogor.

Rafika menyelesaikan hafalan 30 juznya dalam kurun waktu satu tahun dua bulan sejak bergabung di rumah tahfidz sejak Juli 2019 silam. Ia menyelesaikan hafalannya pada Selasa (6/10). Wanita berusia 20 tahun itu merupakan putri asli daerah yang juga tinggal di Bojonggede.

Sambil terisak, Rafika menyelesaikan hafalan serta berdoa di depan pengajar serta santri lainnya. Suasana haru itu pun dirasakan pula oleh santri lain yang menyaksikan Rafika. Mereka ikut menangis melihat salah satu rekannya berhasil menyelesaikan hafalan 30 juz.

Ia di mata Ustadz Budi, pengajarnya, merupakan sosok santri yang baik dan penurut. Selain itu, ia juga terkenal disiplin karena selalu mentaati peraturan yang ada di rumah tahfidz. Di samping kecerdasan Rafika yang diakui oleh Ustadz Budi berada di atas rata-rata.

Dirinya pun dikenal sangat baik oleh teman-teman santri. Rafika termasuk santri yang senang bercanda dan kerap memberikan contoh yang baik kepada rekan-rekannya.

Menurut Ustadz Budi, Rafika berhasil mencapai cita-citanya untuk menjadi hafidzah bukan karena perjuangan yang biasa, melainkan dari perjuangan yang sangat menguras tenaga dan emosi. Selama menghafal, Rafika selalu optimis dan tidak kenal menyerah. Semua itu ia lakukan demi membahagiakan kedua orang tuanya.

"Perjuangan Rafika selama ini dari awal sampai sekarang, alhamdulillah, anaknya prihatin, pantang menyerah, tak mudah putus asa, jarang mengeluh, dia juga punya motivasi ingin menjadi hafidzah mutqin dan ingin membanggakan kedua orang tuanya di dunia dan di akhirat," ujar Ustadz Budi.

Sebagai guru bagi seorang Rafika, Ustadz Budi merasa sangat bangga kepada anak didiknya tersebut. Ia berharap Rafika dapat menjadi pelopor di masyarakat dan meneruskan ilmunya kepada orang lain.

"Alhmdulillah, saya sangat bangga dan terharu, salut juga karena Rafika bisa menghafal Al-Qur'an 30 juz dengan waktu yang singkat, satu tahun 2 bulan, bagi saya itu sangat luar biasa, semoga bisa menjaga hafalannya dan bisa bermanfaat ilmu, serta bisa membanggakan orang tuanya, masyarakat, umat, nusa, bangsa dan agama," ucap Ustadz Budi. []