Keutamaan Salat Berjamaah

Keutamaan Salat Berjamaah
beasiswa-idaqu
beasiswa-idaqu
beasiswa-idaqu

Salat berjemaah memiliki banyak keutamaan di mata Allah swt. Mulai dari pahala yang diberikan hingga aspek kesehatan yang telah dibuktikan oleh dunia medis. Sebagai sebuah kebaikan, mengajak orang lain melaksanakan salat berjemaah adalah perbuatan yang amat terpuji. Nabi Muhammad saw. bersabda:

“Barang siapa memulai suatu perbuatan baik, maka baginya pahala dan pahala orang yang melakukannya tanpa dikurangi dari pahala mereka sedikit pun. Dan barang siapa memulai perbuatan buruk, maka baginya dosa dan dosa-dosa orang yang mengikutinya tanpa dikurangi dari dosa mereka sedikit pun.” (HR. Ahmad, Muslim, Ibn Majah, dan Baihaqi)

Setiap manusia memiliki kesempatan yang luar biasa untuk mendulang pahala dari Allah swt. Dalam matematika sedekah, Ustaz Yusuf Mansur mengatakan bahwa Allah telah menyediakan banyak pahala bagi orang-orang yang mau bersedekah. Allah mampu menambahkan 10 kali lipat, 100 kali lipat, 700 kali lipat, bahkan hingga tak terhingga. Allah swt. berfirman:

مَثَلُ الَّذِيْنَ يُنْفِقُوْنَ اَمْوَالَهُمْ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ اَنْۢبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِيْ كُلِّ سُنْۢبُلَةٍ مِّائَةُ حَبَّةٍ ۗ وَاللّٰهُ يُضٰعِفُ لِمَنْ يَّشَاۤءُ ۗوَاللّٰهُ وَاسِعٌ عَلِيْمٌ

Artinya: “Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Mahaluas, Maha Mengetahui.” (QS. Al-Baqarah/2: 261)

Ayat ini adalah janji Allah kepada setiap orang yang bersedia menyedekahkan hartanya. Ini juga berlaku untuk orang-orang yang mau melakukan ibadah lainnya, seperti salat. Orang yang mengajak orang lain berbuat baik, salah satunya salat, maka ia akan mendapatkan pahala dari Allah swt.

Sebelum pembahasan lebih jauh, ada sedikit ilustrasi mengenai pembahasan ini. Orang yang salat sendiri akan mendapatkan satu derajat dari Allah swt. Jika orang tersebut konsisten melaksanakan salat sendiri, berarti ia akan mendapatkan lima derajat dari Allah swt.

Hal ini berbeda dengan orang yang melaksanakan salat berjemaah. Orang yang salat berjemaah akan dibalas oleh Allah swt. dengan 27 derajat, berbeda jauh dari pada orang yang salat sendiri. Inilah hsalah satu keutamaan salat berjemaah jika dilihat dari segi pahalanya.

Coba bayangkan, jika orang tersebut salat berjemaah lima kali dalam sehari, maka ia akan mendapatkan sedikitnya 135 derajat. Bandingkan dengan orang yang melaksanakan salat sendiri yang hanya mendapatkan lima derajat saja. Jika dihitung, satu hari pahala orang yang salat berjemaah itu sama dengan 27 hari pahala orang yang salat sendiri. Sungguh perbedaan yang amat jauh.

Itu baru ilustrasi ibadah salat berjemaah selama satu hari. Bayangkan jika orang tersebut salat berjemaah selama berminggu-minggu, bahkan bertahun-tahun, maka pahalanya akan semakin jauh pula. Ini adalah salah satu kesempatan umat Islam untuk mendulang pahala sebanyak mungkin dari Allah. Betapa rugi orang-orang yang hanya melaksanakan salat tanpa berjemaah.

Pahala salat berjemaah di atas masih bisa ditambah dengan pahala lainnya. Salah satu caranya adalah dengan mengajak orang lain untuk melaksanakan salat berjemaah. Jika merujuk kepada hadis yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad di atas, maka orang yang mengajak akan mendapatkan pahala sebagaimana orang yang diajak tersebut.

Jika dihitung, maka dalam satu hari seseorang yang salat berjemaah dan mengajak orang lain salat berjemaah akan mendapatkan sedikitnya 270 derajat dari Allah. Inilah yang dinamakan dengan matematika salat yang luar biasa. Ini adalah kombinasi dari keutamaan salat berjemaah dan mengajak orang lain kepada jalan kebaikan. 

Narasumber: Dr. M. Anwar Sani, Pimpinan Direktorat Zakat dan Wakaf Daarul Qur’an