Keutamaan Sedekah untuk Penghafal Alquran

Keutamaan Sedekah untuk Penghafal Alquran
Keutamaan sedekah untuk penghafal Quran
hari-santri-daarul-quran
hari-santri-daarul-quran

Keutamaan sedekah telah tertuang dalam berbagai ayat Alquran dan hadits. Sedekah memang menjadi ibadah yang sangat dianjurkan karena memiliki berbagai keutamaan.

Sedekah ternyata juga merupakan bentuk kepedulian umat Islam kepada orang lain. Karena selain mendatangkan pahala, sedekah akan membuat orang yang menerima merasa terbantu.

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai keutamaan sedekah untuk penghafal Alquran. Para penghafal Alquran mempunyai keistimewaan yang tidak dimiliki semua orang, lantas bagaimana jika bersedekah untuk mereka?

Berikut Keutamaan Sedekah untuk Penghafal Alquran

Penghafal Alquran begitu sangat diistimewakan oleh Allah dan Nabi Muhammad sallallahu alaihi wasallam. Oleh karenanya, keutamaan sedekah untuk penghafal Alquran sangat beragam, di antaranya:

1. Penghafal Alquran Telah Disejajarkan Dengan Para Nabi

Pada zaman Rasulullah sallallahu alaihi wasallam, kedudukan para penghafal Al-Qur’an diutamakan oleh beliau, salah satunya dalam memimpin delegasi. 

“Barangsiapa yang membaca (menghafal) Alquran, maka sungguh dirinya telah menyamai derajat kenabian hanya saja tidak ada wahyu baginya (penghafal). Tidak pantas bagi penghafal Alqur'an bersama siapa saja yang ia dapati dan tidak melakukan kebodohan terhadap orang yang melakukan kebodohan (selektif dalam bergaul) sementara dalam dirinya terdapat firman Allah.” (HR Hakim).

2. Penghafal Alquran Sebagai Keluarga Allah

Keutamaan sedekah untuk penghafal Alquran berikutnya adalah karena mereka sudah dianggap seperti keluarga Allah. Para ahlul Quran merupakan keluarga Allah yang berada di Bumi.

“Sesungguhnya Allah itu mempunyai keluarga yang terdiri daripada manusia..." Kemudian Anas berkata lagi, “Siapakah mereka itu wahai Rasulullah?” Baginda manjawab, “yaitu ahli Qu'ran (orang yang membaca atau menghafal Qur'an dan mengamalkannya). Mereka adalah keluarga Allah dan orang-orang yang istimewa bagi Allah.” (HR. Ahmad)

3. Mendapat Derajat Lebih Tinggi di Surga

Derajat para penghafal Alquran lebih tinggi dari umat yang lain. Maka, bersedekah kepada mereka bisa mendatangkan rahmat Allah.

Rasulullah bersabda, “Akan dikatakan kepada shahib quran: Bacalah dan naiklah serta tartilkan sebagaimana engkau mentartilkan AlQur'an di dunia sesungguhnya kedudukanmu di akhir ayat yang kau baca.” (HR Abu Daud dan At-Tirmidzi).

4. Kemuliaan Alquran untuk Keluarganya

Tidak hanya untuk dirinya, anggota keluarga para penghafal Quran juga akan Allah muliakan. Hal ini tentu saja termasuk kepada orang-orang yang bersedekah.

Dalam sebuah hadist disebutkan bahwa “Dari Buraidah Al Aslami RA, ia berkata bahwa ia mendengar Rasulullah Saw. bersabda “Siapa yang membaca Alquran, mempelajarinya dan mengamalkannya, maka dipakaikan mahkota dari cahaya pada hari kiamat, cahayanya seperti cahaya matahari, kedua orang tuanya dipakaikan dua jubah (kemuliaan), yang tidak pernah didapatkan di dunia, keduanya bertanya: mengapa kami dipakaikan jubah ini? Dijawab “Karena kalian berdua memerintahkan anak kalian untuk mempelajari Alquran”. (HR. Al Hakim).” 

Nah, itulah pembahasan mengenai dalil sedekah untuk penghafal Alquran. Semoga menjadi penyemangat kita dalam beribadah kepada Allah.

PPPA Daarul Quran memiliki program unggulan yaitu sedekah penghafal Quran. Ada ribuan santri tahfizh yang sedang menghafal Alquran.

Klik di sini untuk bergabung menjadi keluarga Allah dan berpartisipasi dalam program sedekah penghafal Quran. Semoga Allah menerima setiap amal ibadah kita. Aamiin.