PPPA Daarul Qur'an Salurkan Sembako Hingga Obat-obatan untuk Warga Terdampak Erupsi Gunung Semeru

PPPA Daarul Qur'an Salurkan Sembako Hingga Obat-obatan untuk Warga Terdampak Erupsi Gunung Semeru
hari-santri-daarul-quran
hari-santri-daarul-quran

PPPA Daarul Qur'an menyalurkan bantuan untuk warga terdampak erupsi Gunung Semeru pada Senin (6/12). Selama dua hari, terhitung sejak Ahad (5/12) PPPA Daarul Qur'an telah menyalurkan bantuan berupa sembako, makanan, obat-obatan hingga perlengkapan bayi.

Sebelumnya, Gunung Semeru mengalami erupsi pada Sabtu (4/12). Diketahui erupsi Gunung Semeru diawali dengan kejadian laharan pada pukul 13.30 WIB. 

Menanggapi hal tersebut, PPPA Daarul Qur'an menerjunkan Tim Siaga Bencana (Sigab) ke Lumajang, Jawa Timur, pada Sabtu (4/12) malam. Tim Sigab PPPA Daarul Qur'an tiba di Desa Sumberluwuh, Dusun Kamarkajang, Kecamatan Candipuro. Di sana Tim Sigab bertugas membantu evakuasi korban dan menyalurkan bantuan.

Sejauh ini PPPA Daarul Qur'an telah menyalurkan bantuan di empat titik, di antaranya Masjid Nurul Huda di Dusun Kamarkrajang, Desa Sumberwuluh, pada hari pertama. Kemudian di Balai Desa Candipuro, Balai Desa Jarit dan Pesantren Ulul Albab yang dilaksanakan hari ini, Senin (6/12).

Jumlah penerima manfaat pada penyaluran di lokasi pertama mencapai 250. Sementara hari ini jumlah penerima manfaat kurang lebih 450 orang. Jumlah tersebut dipastikan akan bertambah, mengingat penyaluran di Pesantren Ulul Albab masih dilakukan.

Tak berhenti di sana, PPPA Daarul Qur'an akan terus mendistribusikan bantuan kepada warga terdampak erupsi Gunung Semeru. Tim Sigab telah dibagi menjadi dua kloter. Satu kloter berisikan relawan dapur umum, relawan medis, dan support team. Sedangkan kloter selanjutnya akan dikirim tiga hari berikutya dengan membawa obat-obatan, seperti obat batuk, diare, tabung oksigen, hingga air minum.

Saat ini warga membutuhkan sejumlah kebutuhan seperti makanan, air mineral, selimut, alas tidur, masker, air bersih, terpal, obat-obatan dan sebagainya.

PPPA Daarul Qur'an mengajak masyarakat untuk membantu warga di sekitar lereng Gunung Semeru. Bantuan yang didonasikan akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan warga.

Klik di sini untuk berdonasi!