Gunung Semeru Erupsi, PPPA Daarul Qur'an Terjunkan Tim Siaga Bencana

Gunung Semeru Erupsi, PPPA Daarul Qur'an Terjunkan Tim Siaga Bencana
hari-santri-daarul-quran
hari-santri-daarul-quran

PPPA Daarul Qur'an menerjunkan Tim Siaga Bencana (Sigab) ke Lumajang, Jawa Timur, pada Sabtu (4/12) malam. Hal ini dilakukan setelah Gunung Semeru menglami erupsi pada Sabtu (4/12) .

Diketahui, erupsi Gunung Semeru diawali dengan kejadian laharan pada pukul 13.30 WIB. Dari sejumlah vidio yang beredar, awan hitam yang bersumber dari Gunung Semeru nampak membumbung tinggi. Dalam beberapa vidio lainnya, abu vulkanik Gunung Semeru telah membuat sebuah daerah menjadi gelap gulita.

Sementara warga yang ketakutan berhamburan keluar dari rumah mereka. Warga berusaha menjauhi kepulan awan yang mengarah ke Besuk Kobokan, Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang.

Sebanyak 62.084 orang terdampak dalam kejadian tersebut. Sementara itu, 902 orang di antaranya mengungsi, 98 orang mengalami luka berat, 10 orang dinyatakan hilang dan 13 orang meninggal dunia.

PPPA Daarul Qur'an kini telah tiba di Lumajang, tepatnya di Desa Sumberluwuh, Dusun Kamarkajang, Kecamatan Candipuro. Tim Sigab bertugas membantu evakuasi korban yang masih dalam pencarian.

Menurut pernyataan salah seorang anggota Tim Sigab, mereka tengah mengevakuasi korban yang ditemukan di aliran lahar. Namun proses evakuasi terkendala karena lahar masih mengeluarkan asap.

Sementara awan hitam masih terlihat mengumpul di atas perbukitan. Begitu juga debu yang kembali turun dari gunung. Hal itu membuat proses evakuasi harus ditunda.

Saat ini warga membutuhkan sejumlah kebutuhan seperti makanan, air mineral, selimut, alas tidur, masker, air bersih, terpal, obat-obatan dan sebagainya.

PPPA Daarul Qur'an mengajak masyarakat untuk membantu warga di sekitar lereng Gunung Semeru. Bantuan yang didonasikan akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan warga.

Klik di sini untuk berdonasi!