Kolaborasi BPKH RI dan Laznas PPPA Daarul Qur'an Bantu Penyintas Gempa Bumi Cianjur

Gempa bumi magnitudo (M) 5,6 telah mengguncang Cianjur, Jawa Barat, pada Senin (21/11/2022) siang. Menanggapi hal tersebut, Laznas PPPA Daarul Qur'an bersama Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) Republik Indonesia menyalurkan bantuan untuk para penyintas gempa bumi.

Kolaborasi BPKH RI dan Laznas PPPA Daarul Qur'an Bantu Penyintas Gempa Bumi Cianjur
Beasiswa PPPA Daarul Qur'an
Beasiswa PPPA Daarul Qur'an
Beasiswa PPPA Daarul Qur'an

Gempa bumi magnitudo (M) 5,6 telah mengguncang Cianjur, Jawa Barat, pada Senin (21/11/2022) siang. Gempa bumi juga terasa hingga Bogor, Depok, Tangerang hingga Jakarta.

Gempa bumi tersebut dilaporkan terjadi pada pukul 13.21 WIB. Titik koordinat gempa berada di 6,83 derajat LS dan 107,06 derajat BT dengan kedalaman 5 kilometer. Gempa tersebut berpusat di Cianjur, Jawa Barat.

Menanggapi hal tersebut, Laznas PPPA Daarul Qur'an bersama Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) Republik Indonesia menyalurkan bantuan untuk para penyintas gempa bumi.

Acara simbolis penyerahan bantuan tersebut berlangsung di Kantor Bupati Cianjur pada Jum'at (25/11/2022). Hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Cianjur, Kepala BNPB, Ketua Baznas, pimpinan BPKH dan lain sebagainya. Laznas PPPA Daarul Qur'an sendiri diwakili oleh Direktur Marketing dan Komunikasi Dwi Kartika Ningsih. 

Laznas PPPA Daarul Qur'an sendiri langsung memberangkatkan Tim Siaga Bencana atau Sigab sejak Senin (21/11/2022). Setelah menyisir lokasi, Tim Sigab kemudian mendirikan posko bencana di Desa Cijedil, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur.

Mobil tanggap bencana dan ambulans BPKH telah digunakan Laznas PPPA Daarul Qur'an sejak hari pertama aksi. Ada berbagai aksi yang telah dilaksanakan di antaranya membuka dapur umum, menyediakan logistik, membagikan makanan dan kebutuhan bayi.

Dwi mengatakan kolaborasi ini merupak bentuk perhatian pemerintah melalui program Kemaslahatan BPKH dan komitmen Laznas PPPA Daarul Qur’an dalam mengelola zakat, infak dan sedekah secara profesional, transparan, akuntabel dan terpercaya. 

"Tujuannya adalah menyediakan bantuan dan kebutuhan logistik kepada masyarakat terdampak bencana gempa bumi di Kabupaten Cianjur, selain itu kami juga melakukan taruma healing kepada para penyintas," imbuhnya.