Melihat Kembali Euforia Wisuda Akbar ke-9 Tahun 2019

Melihat Kembali Euforia Wisuda Akbar ke-9 Tahun 2019
Melihat Kembali Euforia Wisuda Akbar ke-9 Tahun 2019
hari-santri-daarul-quran
hari-santri-daarul-quran

Rumah Tahfizh Center atau RTC akan kembali menggelar Wisuda Akbar setelah terakhir dilaksanakan pada 2 tahun yang lalu. Wisuda Akbar ke-10 rencananya akan berlangsung pada akhir Oktober 2022 mendatang secara serentak.

Para santri Rumah Tahfizh telah menantikan gelaran ini sejak lama. Acara Wisuda Akbar merupakan perhelatan yang mereka tunggu-tunggu sekaligus bentuk dari apresiasi terhadap perjuangan para santri menghafal Al-Qur'an.

Namun, sebelum berbicara tentang euforia para santri dalam mengambut Wisuda Akbar ke-10, ada banyak sekali cerita yang bisa diangkat dari jalannya Wisuda Akbar ke-9 yang terselenggara pada 2019 silam.

Saat itu, RTC yang masih bernaung dalam Yayasan Daarul Qur'an Nusantara di bawah PPPA Daarul Qur'an menggelar Wisuda Akbar serentak di 19 kabupaten atau kota 13 provinsi pada 24 Februari 2019.

Antusiasme para santri dan masyarakat dalam menyambut Wisuda Akbar ke-9 tahun lalu begitu luar biasa. Banyak peserta dari berbagai kalangan yang mengikuti ujian hafalan pada 12-22 Februari 2019.

Mereka terdiri dari anak kecil yang masih berusia 5 tahun sampai lansia 81 tahun. Tidak hanya itu, ada pula penyandang disabilitas yang tetap semangat menghafal Al-Qur’an meski dalam keterbatasan fisiknya. Hingga penutupan pendaftaran pada 16 Februari 2019, tercatat sebanyak 8.978 peserta mendaftarkan diri untuk ikut ujian tahfizh. 

Wisuda Akbar Rumah Tahfizh ke-9 sendiri berpusat di Jakarta dan dilangsungkan di Masjid Istiqlal bertepatan dengan Kajian Islam Bulanan Istiqlal (KIBI) bersama KH. Yusuf Mansur. Acara tersebut dihadiri sejumlah tokoh dan lebih dari 1.000 santri serta assatidz dari berbagai Rumah Tahfizh wilayah Jakarta, Depok, Bekasi, Karawang dan Banten.

Dalam perayaan Wisuda Akbar tersebut, para santri yang telah lulus ujian dan menjadi wisudawan membaca doa khataman Qur’an dan ikrar secara bersama-sama. 

Pada tahun 2022 ini, RTC yang telah berdiri pada payung Yayasan Al-Qur’an Lima Benua akan menggelar kembali Wisuda Akbar secara serentak di seluruh Indonesia. Harapannya dengan digelarnya Wisuda Akbar ke-10 para santri semakin termotivasi untuk menghafal Al-Qur'an.