Reva, Wisudawati Termuda yang Hafal Juz 30 di Usia 4 Tahun

Reva, Wisudawati Termuda yang Hafal Juz 30 di Usia 4 Tahun
beasiswa-idaqu
beasiswa-idaqu
beasiswa-idaqu

Nadhifa Humairo adalah salah satu santri Rumah Tahfidz Daarul Qur’an Jember, Jawa Timur. Di usianya yang baru menginjak 4 tahun Reva, panggilan akrabnya, sudah hafal juz 30 dan menjadi wisudawati termuda pada gelaran Wisuda Tahfidz di Rumah Tahfidz Daarul Qur’an Jember, Sabtu (5/2) lalu.

Reva tampil dengan gaun putih dan balutan jilbab berwarna merah muda. Wajahnya begitu berseri-seri, terlebih ketika namanya dipanggil untuk naik panggung. Kemudian ia pun dikalungkan medali dan diberikan sertifikat penghargaan.

Bukan tanpa alasan Reva sudah hafal juz 30 di usianya yang begitu muda. Ternyata ia sudah diperdengarkan bacaan-bacaan Al-Qur’an sejak masih bayi. Kemudian saat sudah bisa berbicara, Reva mulai dikenalkan huruf-huruf hijaiyah oleh kakak dan neneknya. 

Dari kebiasaan baik itulah, Reva tumbuh menjadi anak yang gemar membaca Al-Qur’an.  Ia juga bersemangat menghafal surat-surat pendek  juz 30 di Rumah Tahfidz bersama temen-temannya. 

Meski awalnya Reva susah menghafal Al-Qur’an, namun pengajar di Rumah Tahfidz memberikan nasihat dan tips menghafal agar Reva terbiasa. Tak disangka, pelan namun pasti Reva mulai bisa menghafal surat demi surat dan akhirnya dapat menghafal juz 30 penuh.

Namun tak banyak yang mengirwa bahwa di balik prestasinya ada perjuangan yang luar biasa. Reva setiap hari harus mengayuh sepeda ke Rumah Tahfidz yang lokasinya cukup jauh dari rumahnya. Atas izin Allah, dukungan keluarga dan ketelatenan pengajarnya, di usianya yang masih belia Reva sudah hafal juz 30 dan ikut wisuda tahfidz.

Lucunya, saat ditanya cita-cita, Reva dengan polos mengaku ingin menjadi anak pintar. Reva juga mengatakan bahwa dirinya senang mengikuti wisuda tahfidz tersebut. 

“Reva senang sekali bisa ikut wisuda, dapat kalung dan sertifikat,” ucap Reva sambil tersenyum. 

Gelaran wisuda tahfidz sendiri diikuti oleh 80 santri Rumah Tahfidz. “Alhamdulillah, ujian dan wisuda tahfidz untuk memotivasi santri-santri lebih semangat lagi menghafal Al-Qur’an hingga khatam 30 juz,” tutur Ustadz Yakub selaku Koordinator Rumah Tahfidz Jawa Timur.

Harapannya semangat Reva dalam menghafal Al-Qur’an bisa menjadi inspirasi bagi santri-santri lainnya yang sedang berjuang menghafal Al-Qur’an. Tak hanya itu, diharapkan wali santri juga mendukung putra-putrinya menjadi penghafal Al-Qur’an. []

Oleh: Qoria, PPPA Daarul Qur’an Malang