RTC Akan Kembali Menggelar Wisuda Akbar Serentak di Seluruh Indonesia

Wisuda Akbar merupakan sebuah gelaran tahunan yang diselenggarakan oleh Rumah Tahfidz Center (RTC) dalam rangka memberikan apresiasi dan memotivasi kepada santri serta masyarakat luas untuk menghafal Al-Qur'an.

RTC Akan Kembali Menggelar Wisuda Akbar Serentak di Seluruh Indonesia
hari-santri-daarul-quran
hari-santri-daarul-quran

Wisuda Akbar merupakan sebuah gelaran tahunan yang diselenggarakan oleh Rumah Tahfidz Center (RTC) dalam rangka memberikan apresiasi dan memotivasi kepada santri serta masyarakat luas untuk menghafal Al-Qur'an.

Acara ini adalah momen yang sangat ditunggu-tunggu oleh seluruh santri Rumah Tahfidz dari berbagai daerah di Indonesia. Bahkan tidak hanya para santri, orang tua dan pengajar pun sangat menantikan anak-anak mereka diwisuda dalam acara akbar ini.

Meski sempat ditiadakan selama 2 tahun karena pandemi Covid-19, akhirnya pada tahun 2022 ini RTC kembali akan menggelar Wisuda Akbar. RTC yang kini telah bernaung di Yayasan Al-Qur’an Lima Benua akan menggelar acara yang melibatkan santri dari berbagai penjuru Nusantara pada akhir Oktober mendatang.

Gelaran Wisuda Akbar kali ini akan menginjak kali ke-10 sejak digelar beberapa tahun lalu. Hal ini tentu saja menjadi pemicu semangat bagi para panitia penyelenggara.

Head of RTC, Diki Alaudin mengatakan bahwa latar belakang dilaksanakannya Wisuda Akbar ke-10 adalah untuk kembali menghidupkan semangat menghafal Al-Qur'an. Menurutnya, ini adalah momentum yang tepat untuk membangkitkan lagi gairah menghafal Al-Qur'an di kalangan santri dan masyarakat.

"Wisuda Akbar akan kembali menjumpai masyarakat dan akan kembali berusaha untuk mengajak serta peran masyarakat untuk menjadi penghafal Al-Qur'an sesuai dengan moto RTC yaitu semua bisa menjadi santri, semua bangga bisa menjadi santri," ujar Diki.

Wisuda Akbar ke-10 ini akan diselenggarakan secara serentak di berbagai wilayah. Sementara acaranya sendiri direncanakan akan berpusat di Masjid Istiqlal, Jakarta.

Para santri dan masyarakat nantinya bisa menyetorkan hafalan Al-Qur'an mulai dari 5 juz dan kelipatannya, yaitu 10, 15, 20, 25 hingga 30 juz. Tidak hanya itu, peserta juga bisa menyetorkan hafalan Al-Qur'an lainnya seperti surat pilihan yang terdiri dari Al-Waqiah, Ar-Rahman, Al-Mulk, Yaa Siin, Al-Kahfi hingga juz 30.

"Nantinya santri Rumah Tahfidz bisa memilih dan masyarakat umum pun diundang untuk ikut serta mengambil hafalan yang mereka kuasai, boleh itu juz 30, Al-Waqiah, Ar-Rahman dan seterusnya," ungkapnya.

Diki menegaskan bahwa Wisuda Akbar ke-10 kali ini tidak hanya diperuntukkan bagi santri Rumah Tahfidz saja. Masyarakat umum dari berbagai kalangan juga bisa mengambil peran untuk meramaikan acara ini.

"Wisuda Akbar ke-10 ini terbuka untuk semua usia, untuk semua kelompok masyarakat, dari anak kecil, sampai dengan orang tua, dari berbagai kalangan, bukan untuk Rumah Tahfidz saja, ibu-ibu majelis taklim, pekerja di perusahaan, para wirausaha mahasiswa dan segala usia," tegasnya.

Menariknya, Wisuda Akbar ke-10 tidak hanya dilaksanakan di Indonesia saja, namun juga di Palestina. Mengingat, di sana juga terdapat sebuah Rumah Tahfidz bagi anak-anak Gaza yang didirikan oleh PPPA Daarul Qur'an.

Diki berharap dengan digelarnya Wisuda Akbar ke-10 para santri semakin termotivasi untuk menghafal Al-Qur'an. Selain itu agar masyarakat juga bisa ikut berpartisipasi menghafal dan menyetorkan hafalannya. Sehingga semakin banyak santri Rumah Tahfidz dan masyarakat yang menjadi hafidz Qur'an. []