celebrities.id Gelar MNC Portal Goes to Campus di Institut Daarul Qur'an

Program MNC Portal Goes to Campus (MGTC) yang diselenggarakan oleh celebrities.id bekerja sama dengan Institut Daarul Qur'an menggelar kegiatan bertema “Memahami Jurnalistik di Era Digital” di Auditorium Institut Daarul Qur'an, Tangerang pada Kamis (27/10/2022). 

celebrities.id Gelar MNC Portal Goes to Campus di Institut Daarul Qur'an
Beasiswa PPPA Daarul Qur'an
Beasiswa PPPA Daarul Qur'an
Beasiswa PPPA Daarul Qur'an

Program MNC Portal Goes to Campus (MGTC) yang diselenggarakan oleh celebrities.id bekerja sama dengan Institut Daarul Qur'an menggelar kegiatan bertema “Memahami Jurnalistik di Era Digital” di Auditorium Institut Daarul Qur'an, Tangerang pada Kamis (27/10/2022). 

Acara dikemas secara menarik dan interaktif lewat talkshow yang menghadirkan narasumber berkompeten, yakni Gumanti, S.Sos selaku Kepala Biro Kominfo Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an dan Wahyu Triyogo selaku Produser Eksekutif Multimedia MPI di sesi pertama.

Kemudian di sesi selanjutnya, ada Danar Widianto sebagai juara ketiga X Factor Indonesia musim ketiga dan Tuty Ocktaviany selaku Pemred celebrities.id.

Sementara itu, MNC Portal Goes to Campus akan dibuka oleh sambutan Pimpinan Pondok Pesantren Daarul Quran Ustadz Yusuf Mansur dan Ustadz Dr. H.M. Anwar Sani, S.Sos.I., ME dan Direktur Pemberitaan MNC Portal Indonesia Yadi Hendriana. 

Sesuai dengan tema yang diangkat, “Memahami Jurnalistik di Era Digital” memang sangat penting dewasa ini. Pasalnya, era digital yang semakin berkembang ini tidak lepas dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang mampu merubah pemahaman orang perihal jurnalisme. Bahkan, banyak bermunculan jurnalisme instan yang diiringi dengan maraknya informasi hoaks. 

Ada beberapa pendapat umum, cukup dengan menekan layar gawai ditambah kutipan informasi seseorang sudah dianggap jurnalis. Padahal, banyak parameter yang wajib dipenuhi seseorang sebelum menjadi jurnalis digital, misalnya kemampuan untuk menerjemahkan dan mempraktikkan rumus 5W +1H. Tidak kalah penting, berita yang dibuat juga harus sesuai dengan Kode Etik Jurnalistik.

Selain itu, menganalisis nilai berita, mulai faktual, magnitude, dampak, unik, prominence, human interest, informatif dan sebagainya. Artinya, dengan menerapkan nilai-nilai dasar tersebut, maka sebuah informasi sudah layak disuguhkan pada khalayak. 

Adapun tujuan MNC Portal Goes to Campus yang diselenggarakan celebrities.id ini untuk menciptakan engagement dengan segenap civitas akademika, baik dari dalam maupun luar negeri, berkontribusi dalam upaya peningkatan pengetahuan dan keahlian mahasiswa di bidang media, serta membangun kerja sama dengan segenap civitas akademika.

Seperti diketahui, visi dan misi celebrities.id, yakni menjadi portal yang inspiratif dan edukatif serta memiliki misi menyajikan berita dan fitur online yang lengkap, eksklusif dan atraktif (multimedia base), serta menginspirasi.

Celebrities.id memiliki konten beragam mencakup Celebrity (Indonesia, Hollywood, Bollywood), Entertainment (Music, Movie), K-POP (Drama, Idol), Health (Fit, Relationship), Fabulous (Fashion, Beauty), Travel (Destinasi, Kuliner), dan Autotech (Otomotif, Techno). Selain itu, ada juga kanal TV Star, Viral, Foto dan Video. Berbagai konten itu diperkaya dengan berita-berita yang bersinergi dengan stasiun televisi di MNC Group.

Celebrities.id semakin lengkap dengan kolaborasi pemberitaan dari portal yang berada di bawah naungan MNC lainnya, seperti Okezone.com, Sindonews.com, iNews.id, MNCTrijaya.com, IDX Channel, news aggregator RCTI+, dan OTT Vision+ serta media cetak Koran Sindo.

Baca Juga : MNC Portal Indonesia Gelar Digital Innovation Award 2021
Sementara, program Goes to Campus hadir sebagai bentuk kepedulian MNC Portal Indonesia (MPI)  dalam dunia pendidikan, khususnya pengetahuan dan pelatihan bagi para mahasiswa terkait bidang jurnalistik dan konvergensinya, di mana peranan litbang MPI turut mengimplementasikan program tersebut melalui pengembangan kerja sama dengan institusi pendidikan, khususnya perguruan tinggi, baik swasta maupun negeri yang berada di Indonesia.

Acara MNC Portal Goes to Campus yang digelar celebrities.id ini, juga didukung oleh Star Media Nusantara (SMN), PPPA Daarul Qur'an, Institut Daarul Qur'an, McDonald’s, Daarul Qur'an, Nutrifood, dan Ataru.