Trauma Healing, Ikhtiar Pulihkan Kondisi Anak di Pengungsian

Trauma Healing, Ikhtiar Pulihkan Kondisi Anak di Pengungsian
beasiswa-idaqu
beasiswa-idaqu
beasiswa-idaqu

PPPA Daarul Qur'an Bandung mengadakan aksi trauma healing dengan Mobile Qur'an di Wilayah Pengungsian Warga RT 01/RW 05, Cihanjuang, Cimanggung Sumedang pada Kamis (21/1). Trauma healing tersebut bertujuan untuk menghibur serta menjadi ikhtiar untuk memulihkan kondisi mental para korban terutama anak-anak pascabencana longsor yang terjadi dua pekan yang lalu.

Salah seorang Tim Program PPPA Daarul Qur'an Bandung, Ilham Nugraha (26) menjelaskan ada empat jenis permainan untuk menghibur anak-anak. "Ada empat permainan, di antaranya yang melatih konsentrasi, permainan kapal pecah, ayam dan musang, dan yang terakhir susun ayat," tuturnya.

Ilham melanjutkan, kondisi anak-anak yang berada di pengungsian dilihat sudah mulai membaik dibandingkan sebelumnya. Saat mengikuti permainan pun anak-anak sangat aktif dan responsif. "Tadi tuh memang anak-anak sudah mulai membaik. Saat ikut permainan mereka terlihat senang, dan mereka juga pengen lagi untuk kita dateng kesana," jelasnya.

Lebih lanjut, Ilham menjelaskan bahwa trauma healing ini juga tidak sekedar memulihkan trauma, namun tetap berfokus terhadap Al-Qur'an. Ilham berharap meskipun kondisi sedang di tengah musibah, anak-anak tidak lupa untuk tetap mencintai Al-Qur'an.

"Kita tetap korelasikan terhadap Al-Qur'an. Karena itulah kenapa kita sisipkan dalam games susun ayat, karena kita fokus di situ. Meskipun mereka di sana sedang terkena musibah, tetap kita harus menanamkan kepada mereka rasa cinta kepada Al-Qur'an," pungkasnya. []

Oleh: Zantina, PPPA Daarul Qur'an Bandung