Ceramah Singkat Tentang Sedekah

Berbicara tentang ceramah singkat tentang sedekah, biasanya kita mendengarkan kajian dari berbagai dai baik saat mengikuti secara langsung maupun melalui YouTube.

Ceramah Singkat Tentang Sedekah
Ceramah singkat tentang sedekah
hari-santri-daarul-quran
hari-santri-daarul-quran

Berbicara tentang ceramah singkat tentang sedekah, biasanya kita mendengarkan kajian dari berbagai dai baik saat mengikuti secara langsung maupun melalui YouTube.

Ada banyak tema yang biasa diangkat dalam topik sedekah. Ceramah-ceramah tersebut biasanya menunjukkan dalil dan keutamaan tentang bersedekah.

Nah, untuk lebih jelasnya mari simak contoh ceramah singkat tentang sedekah yang bisa dijadikan motivasi sekaligus latihan.

Contoh Ceramah Singkat Tentang Sedekah

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Alhamdulillahrobbilaalamiin wabihi nastai’nu ala umuriddunya waddin waalaailihi wasohbihi ajmai’n amma ba’du.

Hadirin yang dimuliakan oleh Allah, mari kita bersyukur atas nikmat dan karunianya karena masih bisa berkumpul di majelis yang mulia ini.

Selain itu, sholawat serta salam juga semoga selalu tercurah kepada Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam beserta keluarga, sahabat dan umatnya. Semoga kita mendapat syafaat darinya di akhirat nanti.

Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan ceramah singkat tentang sedekah. Sedekah memiliki banyak sekali manfaat, sehingga umat Islam sangat dianjurkan untuk bersedekah.

Pertanyaannya adalah, apa saja keutamaan atau manfaat dari sedekah? 

1. Bertambahnya Rezeki

Sedekah sama sekali tidak akan mengurangi harta bahkan akan bertambah. Hal tersebut sesuai dengan firman Allah SWT dalam Al-Qur'an yang artinya:

“Sedekah adalah ibadah yang tidak akan mengurangi harta, sebagaimana Rasulullah SAW bersabda untuk mengingatkan kita dalam sebuah riwayat Muslim, “sedekah tidaklah mengurangi harta.” (HR. Muslim).  Mengapa sedekah tidak akan mengurangi harta? Karena meskipun secara tersurat harta terlihat berkurang, namun kekurangan tersebut akan ditutup dengan pahala di sisi Allah SWT dan akan terus bertambah kelipatannya menjadi lebih banyak. Hal ini merupakan janji Allah yang termaktub dalam surat Saba “Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia-lah pemberi rezeki sebaik-baiknya.” (QS. Saba’: 39).

2. Sedekah Menghapus Dosa

Selain itu, sedekah juga mampu menghapus dosa. Sebab sebagai makhluk Allah SWT yang tak luput dari dosa.

Meski begitu, umat Islam senantiasa diberikan berbagai keistimewaan agar berkesempatan untuk bertaubat dan menghapus dosa-dosanya dengan cara yang yang diridhai oleh Nya. Salah satunya dengan sedekah.

Sedekah merupakan ibadah yang istimewa, ia dapat memudahkan kita dalam menghapus dosa-dosa. Rasulullah SAW pernah bersabda “Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api. (HR. At-Tirmidzi).

3. Sedekah Melipatgandakan Pahala

Sedekah memberikan banyak keistimewaan kepada pelakunya, salah satu diantaranya adalah Allah SWT akan memberikan pahala yang banyak untuk orang yang bersedekah. Allah SWT berfiman,

“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.” (Qs. Al Hadid: 18).

Nah, itulah contoh ceramah singkat tentang sedekah yang bisa kami bagian dalam kesempatan kali ini. Semoga bisa bermanfaat dan menambah keimanan kita kepada Allah.