Inilah Batas Puasa Syawal 2022

Bagi umat Islam yang akan menjalankan puasa Syawal 2022, ada baiknya untuk memahami terlebih dahulu batas puasa Syawal 2022 sebelum mengerjakannya. Rasulullah SAW bersabda,

Inilah Batas Puasa Syawal 2022
hari-santri-daarul-quran
hari-santri-daarul-quran

Bagi umat Islam yang akan menjalankan puasa Syawal 2022, ada baiknya untuk memahami terlebih dahulu batas puasa Syawal 2022 sebelum mengerjakannya. Rasulullah SAW bersabda,

عَنْ أَبِي أَيُّوبَ الأَنْصَارِيِّ، - رضى الله عنه - أَنَّهُ حَدَّثَهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ ‏ "‏ مَنْ صَامَ رَمَضَانَ ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ كَانَ كَصِيَامِ الدَّهْرِ ‏"

Artinya: Abu Ayyub asl-Ansari (semoga Allah SWT ridho atasnya) melaporkan Rasulullah SAW berkata, "Dia yang berpuasa selama Ramadhan dan melanjutkannya dengan enam hari puasa saat bulan Syawal akan seperti melakukan puasa terus-menerus." (HR Muslim).

Dalam riwayat lain, Ibnu Majah juga mengungkapkan hal serupa mengenai kebiasaan Rasulullah SAW berpuasa di bulan Syawal. Berikut haditsnya,

عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ إِبْرَاهِيمَ، أَنَّ أُسَامَةَ بْنَ زَيْدٍ، كَانَ يَصُومُ أَشْهُرَ الْحُرُمِ ‏.‏ فَقَالَ لَهُ رَسُولُ اللَّهِ ـ صلى الله عليه وسلم ـ ‏ "‏ صُمْ شَوَّالاً ‏"‏ ‏.‏ فَتَرَكَ أَشْهُرَ الْحُرُمِ ثُمَّ لَمْ يَزَلْ يَصُومُ شَوَّالاً حَتَّى مَاتَ

Artinya: Seperti diceritakan dari Muhammad bin Ibrahim, Usamah bin Zaid terbiasa puasa di bulan-bulan suci. Rasulullah SAW kemudian berkata, "Puasalah di Bulan Syawal." Lalu dia melaksanakan puasa tersebut hingga akhir hayat (HR Ibnu Majah).

Puasa Syawal 2022 dimulai pada 2 Syawal 1443 H atau sehari setelah Idul Fitri. Puasa ini tidak dikerjakan sejak 1 Syawal karena bertepatan dengan Idul Fitri yang termasuk ke dalam hari-hari haram berpuasa.

أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- نَهَى عَنْ صِيَامِ يَوْمَيْنِ يَوْمِ الْفِطْرِ وَيَوْمِ النَّحْرِ

Artinya: "Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam melarang berpuasa pada dua hari yaitu Idul Fitri dan Idul Adha." (HR. Muslim).

Kapan batas puasa Syawal 2022?

Puasa Syawal dikerjakan selama enam hari dalam rentang waktu bulan Syawal. Dalam artian, batas puasa Syawal 2022 boleh dikerjakan bertepatan dengan hari terakhir di bulan Syawal yakni, 30 Syawal 1443 H.

Untukengerjaan puasa Syawal selama enam hari tersebut, terbagi ke dalam dua pendapat dari imam besar mazhab. Menurut mazhab Syafi'i dan Hambali, puasa Syawal lebih baik dikerjakan selama enam hari berturut-turut.

Sedangkan mazhab Hanafi dan Maliki berpendapat bahwa lebih baik dikerjakan secara terpisah selama di bulan Syawal.

Itulah pembahasan mengenai batas puasa Syawal 2022. Bagi kamu yang belum menyelesaikan puasa sunnah Syawal bisa mengerjakannya selama masih Syawal.