Kolaborasi PPPA Daarul Qur'an dan BPKH dalam Program Berbagi Mushaf Al-Qur'an

Kolaborasi PPPA Daarul Qur'an dan BPKH dalam Program Berbagi Mushaf Al-Qur'an
beasiswa-idaqu
beasiswa-idaqu
beasiswa-idaqu

Tibanya bulan Ramadan 1442 H memicu PPPA Daarul Qur'an untuk meningkatkan kebermanfaatannya bagi umat. Untuk itu, lahirlah program Ramadan Berbagi Sejuta Qur'an. Misinya adalah menyediakan Al-Qur’an untuk para santri penghafal Qur’an dan di masjid-masjid sepanjang Ramadan. 

Di saat yang sama, Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) juga meluncurkan program serupa yakni Berbagi Mushaf Al-Qur'an. Program kemaslahatan BPKH Berbagi Mushaf Al-Qur'an ini merupakan program khusus Ramadan yang bertujuan untuk lebih mendekatkan masyarakat dengan Al-Qur'an.

Memiliki misi yang sama, baik PPPA Daarul Qur'an maupun BPKH kemudian bersinergi untuk mendistribusikan mushaf Al-Qur'an kepada santri-santri penghafal Al-Qur'an.

Pada Kamis (29/4) dilaksanakan Launching Program Kemaslahatan BPKH Berbagi Mushaf Al-Qur'an bersama lima mitra BPKH, salah satunya adalah PPPA Daarul Qur'an. Acara yang dilaksanakan secara virtual itu dihadiri oleh jajaran pimpinan BPKH dan masing-masing mitra, termasuk Direktur Utama PPPA Daarul Qur'an Abdul Ghofur.

Kepala Badan Pelaksana BPKH Anggito Abimanyu menyampaikan dalam sambutannya bahwa program kemaslahatan BPKH Berbagi Mushaf Al-Qur'an ini merupakan program pertama yang dilaksanakan oleh BPKH. Momen Ramadan pun menjadi waktu yang tepat untuk meluncurkan program ini.

"Alhamdulillah, semoga menjadi amal jariyah bagi kita semua, kami ucapkan terima kasih kepada mitra kemaslahatan yang sudah menjadi mitra kita dalam kegiatan pendistribusian Al-Qur'an, kami berharap pendistribusian Al-Qur'an ini dapat bermanfaat bagi umat Islam," ujar Anggito.

Dalam program Berbagi Mushaf Al-Qur'an BPKH menyalurkan sebanyak 11.110 mushaf Al-Qur'an. Seluruh mushaf tersebut kemudian diserahkan kepada empat mitranya. PPPA Daarul Qur'an sendiri mendapatkan amanah untuk menyalurkan sebanyak 2.222 mushaf Al-Qur'an khusus di Pulau Jawa di antaranya Surabaya, Malang, Semarang, Jogja, Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi dan Bandung.

Dalam acara ini juga disiarkan langsung laporan pendistribusian dari masing-masing mitra. PPPA Daarul Qur'an sendiri melaporkan langsung prosesi pendistribusian mushaf Al-Qur'an dari Bandung, tepatnya di Yayasan Fatih Al-Ayyubi, Bandung.

Cila Dahlan, salah seorang staf PPPA Daarul Qur'an yang melaporkan langsung dari Yayasan Fatih Al-Ayyubi, Bandung, menyampaikan bahwa 16 mushaf Al-Qur'an sudah dibagikan kepada para santri penghafal Al-Qur'an di sana. Al-Qur'an BPKH tersebut juga sudah digunakan para santri untuk melaksanakan khotmil Qur'an sore itu.

"Alhamdulillah, kami juga sudah mendistribusikan Al-Qur'an kerja sama dengan BPKH sebanyak 2.222, ini insyaAllah akan disebarkan di beberapa kota di Pulau Jawa, yakni Surabaya, Malang, Semarang, Jogja, Jabodetabek dan Bandung," ucapnya.

Sementara itu, Direktur Utama PPPA Daarul Qur'an Abdul Ghofur menyambut baik sinergi antara PPPA Daarul Qur'an dengan BPKH. Ia berharap, proses distribusi berjalan dengan baik dan para santri penerima mushaf Al-Qur'an tersebut semakin bersemangat untuk menghafal Al-Qur'an.

Ghofur juga menjelaskan bahwa kerja sama ini bukan yang pertama kalinya dijalin oleh PPPA Daarul Qur'an dan BPKH. Sebelumnya, sinergi keduanya berfokus pada bidang dakwah dan sosial kemanusiaan yakni pengadaan unit Mobile Qur'an dan Layanan Ambulance.

Dalam kesempatan lain, PPPA Daarul Qur'an dan BPKH juga pernah berkolaborasi dalam penanganan bencana banjir di Ciledug, Kota Tangerang. Saat itu, PPPA Daarul Qur'an dan BPKH memberikan pendampingan kepada warga terdampak banjir berupa pengadaan fasilitas kesehatan, dapur umum hingga aksi trauma healing.

"Kami berharap, hubungan PPPA Daarul Qur'an dan BPKH dapat terus terjalin dengan baik, terus melahirkan program-program inovatif yang bermanfaat bagi masyarakat, bagi umat, terima kasih BPKH, semoga keberkahan Allah limpahkan kepada kita semua, aamiin," imbuh Ghofur. []