Musyawarah Daerah Forum Zakat Jawa Barat

Musyawarah Daerah Forum Zakat Jawa Barat
Beasiswa PPPA Daarul Qur'an
Beasiswa PPPA Daarul Qur'an
Beasiswa PPPA Daarul Qur'an

Forum Zakat wilayah Jawa Barat menggelar musyawarah daerah Forum Zakat Bogor Raya di Bogor pada Ahad (9/8) lalu. Acara ini dihadiri oleh 19 Lembaga Amil Zakat (LAZ) tingkat kota dan kabupaten yang ada di wilayah Bogor, salah satunya adalah PPPA Daarul Qur’an Bogor.

Musyawarah daerah Forum Zakat ini dimaksudkan untuk menjalin dan mepererat silaturahim, juga membangun suasana baru komunikasi antar lembaga amil zakat yang berada di wilayah Bogor Raya, yakni mencakup wilayah Kota dan Kabupaten Bogor.

Selain itu, pada pelaksaan musyawarah daerah kali ini juga mendeklarasikan bahwa lembaga-lembaga amil zakat yang berada di Kota dan Kabupaten Bogor siap membangun kolaborasi agar dapat memberikan manfaat yang lebih luas kepada umat, khusunya masyarakat Bogor Raya.

Selain itu, pada acara ini juga dilakukan pemilihan dan pelantikan pengurus Forum Zakat untuk wilayah Bogor Raya. Terpilihlah Topan M. Disyam dari LAZ Al-Bunyan sebagai ketua dan Iwan Zaki dari Baitul Maal Tazkia sebagai sekertaris.

“Alhamdulillah, hari ini kita melaksanakan deklarasi dan musyawarah daerah Forum Zakat Bogor Raya, ini adalah bagian dari ikhtiar kita untuk melebarkan sayap gerakan zakat Indonesia. Kita meyakini Forum Zakat Jawa Barat yang notabene sangat luas tediri dari hampir 26 kota dan kabupaten, dan alhamdulillah hari ini kita deklarasi untuk berkolaborasi dan bersinergi, silih asah, silih asuh, silih asih antar lembaga amil zakat yang berada di Bogor Raya,” ujar Sekertaris Umum FOZ Jawa Barat, Angga Nugraha.

Ia mengungkapkan bahwa targetnya adalah gerakan zakat, khususnya di wilayah Bogor Raya dapat menjadi gerakan bersama anar lembaga amil zakat untuk mensejahterakan masyarakat. Sebab, amanah ini akan lebih ringan dengan ikhtiar bersama. Tujuannya agar gerakan zakat ini bisa dirasakan oleh masyarakat dan menjadi solusi dari masalah klasik yang berada di masyarakat.

Meski memiliki konsentrasi di bidang penerima manfaat zakat, infaq, dan sedekah di masing-masing lembaga, namun seluruh lembaga yang hadir sepakat akan berkolaborasi dan bersinergi bersama lembaga lainnya, sesuai dengan tagline yang diusung pada acara ini, yaitu ‘Kerja Sama-sama, Keren Sama-sama.’

”Harapan kami semua lembaga zakat yang berada di Bogor Raya dapat melaksanakan amanah umat dan undang-undang negara secara professional. Dan dapat saling bahu membahu dalam melayani masyarakat yang membutuhkan. Sehingga tidak bergerak individual atau golongan tertentu,, namun bergotong royong, membantu sesama yang merupakan nilai2 bangsa yang harus dilestarikan. In syaa Allaah.”, disampaikan oleh Ketua Forum Zakat
Bogor Raya periode 2020 – 2023, Topan M. Disyam. (purwa)