Siti Rohmah, Penerima Zakat yang Ingin Anaknya Kuliah

Siti Rohmah, Penerima Zakat yang Ingin Anaknya Kuliah
Ilustrasi
hari-santri-daarul-quran
hari-santri-daarul-quran

Siti Rohmah atau yang akrab dipanggil Rohmah adalah salah satu penerima manfaat zakat fitrah dari donatur PPPA Daarul Qur’an. Kini, ia berusaha keras merawat anak-anaknya seorang diri. Ia menjalani kerasnya hidup dengan sekuat tenaga selapas ia ditinggal suaminya tahun 2020 lalu akibat penyakit Liver.

“Suami saya meninggal dunia beberapa tahun lalu di Cipto. Tahun 2020, sebelum Corona, tapi bukan karena Corona, karena Liver,” ungkapnya seraya mengingat-ingat kisah masa lalunya.

Wanita yang tinggal di Kota Tangerang ini sehari-hari berprofesi sebagai penjual kopi di Kedoya, Jakarta Barat. Dari terbit fajar hingga terbenam matahari, ia mesti mengaduk secangkir kopi hitam dan melayani setiap pesanan guna memenuhi kebutuhan dirinya beserta anak-anaknya.

Profesinya sebagai penjual kopi, Siti akui, berawal dari permintaan almarhum suaminya dulu. Suaminya, lanjut Siti, dulu berpesan agar ia dapat memiliki penghasilan sendiri, bagaimana pun caranya asalkan dengan cara halal.

“Suami dulu pernah bilang begini, kamu harus usaha sendiri, belajar dagang, apapun yang kamu bisa. Umur enggak ada yang tahu siapa yang duluan,” kenangnya sambil meneteskan air mata.

Jerih payahnya dari pagi hingga petang ternyata belum mampu menutup pengeluaran sehari-hari keluarganya. Penghasilannya tidak menentu. Kadang ramai, kadang tidak.

“Enggak tentu, ya. Kalo lagi rame, ya, rame. Kalo lagi sepi, ya, sepi,” tuturnya.

Dengan segala keterbatasannya, Siti tetap bercita-cita untuk menyelesaikan pendidikan anaknya hingga ke jenjang perguruan tinggi. Siti termasuk orang tua yang amat peduli terhadap pendidikan anaknya.

“Saya selain jualan, biasanya ngasuh anak. Kalo Sabtu Minggu, saya sempetin buat ngajar anak di rumah,” jelasnya.

Siti berharap anaknya dapat menjadi orang yang lebih sukses dibandingkan ia dan almarhum suaminya kelar. Bagaimanapun, lanjutnya, orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk anaknya.

“Ya, saya, sih, pengennya anak saya jadi anak soleh dan anak pinter, ya,” katanya.

Dengan adanya penyaluran zakat fitrah kepada dirinya, Siti mengucapkan banyak terima kasih kepada segenap donatur PPPA Daarul Qur’an.

“Semoga pekerjaannya lancar, memperoleh rezeki yang banyak dan dibalas oleh Allah. Amin,” katanya.