Amalan Setelah Bulan Ramadhan Penuh Pahala

Bulan Ramadhan kerap digunakan untuk memperbanyak ibadah. Hal tersebut dikarenakan pada bulan Ramadhan segala amal kebaikan akan dilipatgandakan. Kebiasaan inilah yang seharusnya dibawa hingga Ramadhan berlalu dengan melakukan amalan setelah bulan Ramadhan.

Amalan Setelah Bulan Ramadhan Penuh Pahala
Beasiswa PPPA Daarul Qur'an
Beasiswa PPPA Daarul Qur'an
Beasiswa PPPA Daarul Qur'an

Bulan Ramadhan kerap digunakan untuk memperbanyak ibadah. Hal tersebut dikarenakan pada bulan Ramadhan segala amal kebaikan akan dilipatgandakan. Kebiasaan inilah yang seharusnya dibawa hingga Ramadhan berlalu dengan melakukan amalan setelah bulan Ramadhan.

Mau tahu apa saja amalan setelah bulan Ramadhan yang memiliki banyak keutamaan? Simak penjelasannya berikut ini:

  1. Menjaga Sholat Wajib dan Sholat Berjemaah

Sholat berjamaah adalah rutinitas selama Ramadhan yang biasanya tidak ditinggalkan. Amalan ini bisa menjadi salah satu pilihan utama bahkan setelah Ramadhan usai.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Allah ‘azza wa jalla berfirman, ‘Aku wajibkan bagi umatmu shalat lima waktu. Aku berjanji pada diriku bahwa barangsiapa yang menjaganya pada waktunya, Aku akan memasukkannya ke dalam surga. Adapun orang yang tidak menjaganya, maka aku tidak memiliki janji padanya’.” (HR. Ibnu Majah).

Melaksanakan sholat berjemaah di masjid juga memiliki keutamaan yang besar dan mulia jika dibandingkan dengan sholat sendiri. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Sholat jamaah lebih utama dari sholat sendirian sebanyak 27 derajat.” (HR. Bukhari dan Muslim).

  1. Puasa Enam Hari di Bulan Syawal

Amalan setelah bulan Ramadhan yang bisa dikerjakan kedua adalah puasa sunnah enam hari di bulan Syawal. Dari Abu Ayyub Al Anshoriy, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda, “Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh.” (HR. Muslim).

  1. Meningkatkan Puasa Sunnah

Amalan setelah bulan Ramadan yang bisa dikerjakan yang ketiga adalah puasa sunnah. Selain puasa wajib di bulan Ramadhan, kita juga bisa melaksanakan ibadah puasa sunnah di luar Ramadahn. Amalan puasa sunnah sangat baik untuk dikerjakan karena keutamaan yang mengiringinya.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Maukah kutunjukkan padamu pintu-pintu kebaikan?; Puasa adalah perisai, …” (HR. Tirmidzi).

  1. Menjaga Sholat Malam

Sholat malam adalah ibadah yang selalu mengisi daftar ibadah saat Ramadhan. Karena memiliki banyak keutamaan, sholat malam juga dianjurkan untuk dilaksanakan pada hari-hari biasa. 

Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sebaik-baik puasa setelah puasa Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah. Sebaik-baik shalat setelah shalat wajib adalah shalat malam.” (HR. Muslim).

Orang yang mengerjakan sholat malam juga mendapatkan jaminan masuk surga dan selamat dari azab neraka. Dari Abdullah bin Salam radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda, “Wahai manusia! Sebarkanlah salam, jalinlah tali silturahmi (dengan kerabat), berilah makan (kepada istri dan kepada orang miskin), shalatlah di waktu malam sedangkan manusia yang lain sedang tidur, tentu kalian akan masuk ke dalam surga dengan penuh keselamatan.” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah).

  1. Beramal Secara Kontinu

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Bebanilah diri kalian dengan amal sesuai dengan kemampuan kalian. Karena Allah tidaklah bosan sampai kalian merasa bosan. (Ketahuilah bahwa) amalan yang paling dicintai oleh Allah adalah amalan yang kontinu (ajeg) walaupun sedikit.” (HR. Abu Daud, An Nasa’i, Ibnu Majah, dan Ibnu Khuzaimah).

Itulah beberapa amalan setelah bulan Ramadhan yang bisa dilakukan kapan saja.

Dukung perjuangan santri penghafal Qur'an bersama Laznas PPPA Daarul Qur'an. Klik di sini untuk berdonasi!