Sedekah Subuh: Pengertian, Keutamaan dan Cara Melakukannya

Sedekah Subuh - Islam mengenal banyak sekali amalan yang bisa dilakukan untuk menambah pahala. Salah satu amalan yang paling utama tentu saja adalah sedekah. 

Sedekah Subuh: Pengertian, Keutamaan dan Cara Melakukannya
hari-santri-daarul-quran
hari-santri-daarul-quran

Sedekah Subuh - Islam mengenal banyak sekali amalan yang bisa dilakukan untuk menambah pahala. Salah satu amalan yang paling utama tentu saja adalah sedekah. 

Sedekah sendiri bisa dikategorikan dalam berbagai jenis. Nah, sedekah yang akan dibahas pada artikel kali ini adalah sedekah subuh.

Sedekah subuh memang menjadi salah satu amalan yang memiliki beragam keutamaan. Untuk lebih jelasnya, mari simak ulasan berikut.

Pengertian Sedekah Subuh

Sedekah subuh memiliki pengertian kegiatan berbagi, mengeluarkan harta untuk kebaikan bagi mereka yang membutuhkan, yang dilakukan setelah melaksanakan sholat Subuh sebelum matahari terbit.

Subuh memang merupakan salah satu waktu terbaik untuk melakukan sedekah. Meski demikian, setiap orang boleh melakukan sedekah kapan saja tanpa ada larangan.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu bahwa Nabi Muhammad salallahu 'alaihi wasallam bersabda : “Tidak ada suatu hari pun ketika seorang hamba melewati paginya kecuali akan turun (datang) dua malaikat kepadanya lalu salah satunya berkata; “Ya Allah berikanlah pengganti bagi siapa yang menafkahkan hartanya”, sedangkan yang satunya lagi berkata; “Ya Allah berikanlah kehancuran (kebinasaan) kepada orang yang menahan hartanya (bakhil)”. (HR. Bukhari) 

Keutamaan Sedekah Subuh

Setiap amalan yang dianjurkan oleh Rasulullah salallahu 'alaihi wasallam pasti memiliki keutamaan. Begitu juga dengan sedekah subuh, berikut hadits yang melatarbelakanginya.

“Tidak ada satu subuh pun yang dialami hamba-hamba Allah kecuali turun kepada mereka dua malaikat. Salah satu di antara keduanya berdoa, “Ya Allah, berilah ganti bagi orang yang berinfak’, sedangkan yang satunya lagi berdoa, “Ya Allah, berilah kerusakan bagi orang yang menahan hartanya.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Tidak hanya itu, ada beberapa keutamaan lainnya yang begitu luar biasa. Berikut di antaranya:

1. Dekat dengan Pintu Surga

Manfaat sedekah Subuh yang pertama, adalah didekatkan dengan pintu surga dan dijauhkan siksa neraka. Hal ini sebagaimana yang disebutkan dalam sebuah hadis:

“Orang yang memberikan atau menyumbang dua harta di jalan Allah, maka ia akan dipanggil oleh satu dari pintu surga, ‘Wahai hamba Allah, kemarilah untuk menuju kenikmatan.” (HR Bukhari dan Muslim)

2. Menghapus Dosa

Setiap muslim yang mengamalkan sedekah Subuh akan dihapuskan dosa-dosanya. Selain itu, Allah SWT juga akan memberikan pahala kebaikan yang berlimpah kepada setiap orang yang mau melaksanakannya. 

"Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api." (HR. At-Tirmidzi).

3. Didoakan Malaikat

Manfaat sedekah subuh berikutnya adalah didoakan oleh malaikat. Setiap muslim yang memberi sedekah subuh, maka dua malaikat akan datan mendoakan amalan kita. 

4. Membuka Pintu Rezeki

Sebagaimana diketahui bahwa sedekah pada umumnya akan membuka pintu rezeki bagi yang melakukannya. Begitu juga dengan sedekah subuh, orang yang melaksanakannya akan dibukakan pintu rezeki yang tak terduda.

5. Terhindar dari Bahaya

Manfaat sedekah subuh berikutnya adalah sebagai penolak bala agar terhindar dari berbagai marabahaya. Selain itu juga sebagai penyubur pahala, menahan musibah, dan kejahatan serta rezeki yang dilipat gandakan oleh Allah SWT.

Cara Melakukan Sedekah Subuh

Sedekah pada umumnya bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Pada sedekah subuh, setiap muslim bisa melakukannya selepas Sholat Subuh di mana saja.

PPPA Daarul Qur'an menawarkan cara mudah untuk melakukan sedekah subuh. Cukup dengan klik link pppa.id dan cari program sedekah subuh.

Bisa juga dengan langsung klik di sini untuk melakukannya. Anda bisa berdonasi berapa saja sesuai dengan kemampuan.

Itulah pembahasan mengenai sedekah Subuh yang memiliki banyak keutamaan. Sebagai umat Islam, kita bisa menjadikan ibadah ini sebagai salah satu amalan rutin setiap hari.