The Power Of Emak-Emak

The Power Of Emak-Emak
The Power Of Emak-Emak
The Power Of Emak-Emak
hari-santri-daarul-quran
hari-santri-daarul-quran

Jum’at, 2 September 2022 telah diselenggaran Kajian Bersama ibu-ibu pengajian yang berada di lingkungan Villa Santri Fatih Al-Ayyubi dengan narasumber Ustadz Hasby Ashhidiqie, SQ seorang da’I TVRI & Inews Tv. Dalam ceramahnya beliau menyebutkan bahwa betapa dahsyatnya kekuatan ridho emak (ibu) bagi kehidupan kita. Ibu itu merupakan hamba Allah yang mustajab doanya, ada syurga didirinya, ada banyak kebaikan yang insyAllah menjadi jalan keberkahan bagi hidup kita.

Disebutkan dalam QS. Luqman: 14 yang artinya “Dan Kami perintahkan kepada manusia (agar berbuat baik) kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam usia dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orang tuamu. Hanya kepada Aku kembalimu”.

Begitu mulianya ibu yang disebutkan dalam Al-Qur’an merupakan bukti cinta Allah kepada hambanya yang ditakdirkan sebagai seorang ibu. Tidak ada kesuksesan, keberhasilan kecuali atas ridho ibu dan ridho Allah. Bakti seorang anak akan meluluhkan ridho orang tua terkhusus ibu. Ketika mencium tangan kedua orang tua kita, ciumlah tangan ibu kita seolah-olah mencium tangan ummul mukminin, dan mencium tangan ayah seperti mencium tangan Rasulullah SAW

Bagaimana caranya agar kita bisa memberikan kebahagiaan pada ibu kita?

Yakni, yang pertama dengan cara memberikan apa yang disukai oleh ibu. Baik secara bentuk materi ataupun non materi yang dapat memberikan kebahagiaan kepada ibu kita. Yang kedua, yakni dengan bakti anak kepada orang tua.

Yang ketiga senantiasa mendoakan kedua orang tua, ada satu doa yang sering diamalkan oleh sahabar Rasulullah SAW yakni Abu Bakar Ash-Shidiq yang tertuang dalam QS. Al-Ahqaf: 15 yaitu: rabbi auzi'nī an asykura ni'matakallatī an'amta 'alayya wa 'alā wālidayya wa an a'mala ṣāliḥan tarḍāhu wa aṣliḥ lī fī żurriyyatī, innī tubtu ilaika wa innī minal-muslimīn, "Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridhai; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertaubat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri”.

Yang keempat, melakukan amal shaleh untuk orang tua. Seperti sedekah atas nama orang tua, meberangkatkan umroh & haji orang tua, dan amal ibadah lainnya yang diatasnamakan untuk orang tua.