Doa Menerima Zakat Fitrah

Zakat fitrah adalah zakat yang diwajibkan kepada seluruh umat Islam yang telah memenuhi syarat wajib. Adapun syarat wajib yang dimaksud yakni: Islam, memiliki makanan pokok yang berlebih, dan masih hidup atau sudah lahir hingga akhir Ramadan.

Doa Menerima Zakat Fitrah
hari-santri-daarul-quran
hari-santri-daarul-quran

Zakat fitrah adalah zakat yang diwajibkan kepada seluruh umat Islam yang telah memenuhi syarat wajib. Adapun syarat wajib yang dimaksud yakni: Islam, memiliki makanan pokok yang berlebih, dan masih hidup atau sudah lahir hingga akhir Ramadan.

Zakat, dalam ajaran Islam, merupakan satu ibadah yang amat penting. Hal ini bisa dilihat ketika zakat dimasukkan ke dalam salah satu rukun Islam. Hal ini menandakan betapa pentingnya ibadah zakat ini.

Pentingnya zakat ini tak lain dan tak bukan memiliki beberapa tujuan. Secara kepercayaan, zakat diyakini oleh umat Islam sebagai sarana untuk membersihkan harta yang dimilikinya selama setahun. Secara sosial, zakat bertujuan untuk membantu sesamaumat Islam yang membutuhkan. 

Zakat menjadi salah satu argumentasi bahwa agama Islam tidak hanya mengajarkan ibadah yang bersifat penghambaan kepada Tuhan saja, namun juga ibadah yang bersifat sosial. Islam mengajarkan ibadah yang dapat mengubah kondisi sosial masyarakat menjadi lebih baik.

Dalam Islam, hubungan dengan Allah (hablum minallah) dan hubungan dengan sesama manusia (hablum minannas) harus seimbang. Zakat dapat dikategorikan ke dalam kedua jenis hubungan ini. Mengenai hubungan dengan Allah, zakat menjadi bukti ketaatan. Adapun secara hablum minannas, zakat menjadi ikatan solidaritas sesame umat Islam. 

Sama seperti ibadah lainnya, zakat juga memiliki aturan-aturan yang mesti dijalani oleh umat Islam. Dalam hal menerima dan memberik zakat misalnya. Bagi orang yang memberi dan menerima zakat, Islam telah menganjurkan niat dan bacaan doa. Para ulama dengan segenap tenaga merumuskan hal ini untuk semua umat Islam.

DOA MEMBAYAR ZAKAT

Dalam Islam, muslim dianjurkan untuk senantiasa membaca doa. Salah satunya ketika ia membayar zakat. Adapun doa yang dianjurkan untuk dibaca seorang muslim ketika membayar zakat sebagai berikut: 

اَللَّهُمَّ اجْعَلْهَا مَغْنَمًا وَلَا تَجْعَلْهَا مَغْرَمًا

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah zakat fitrah tersebut sebagai tabungan, jangan jadikannya sebagai utang.”

Islam juga menganjurkan seorang muslim untuk membaca niat sebelum membayar zakat. Adapun niat tersebut sebagai berikut:

نَوَيْتُ أَنْ أُخْرِجَ زَكَاةَ الفِطْرِ عَنْ نَفْسِي فَرْضًا لله تَعَالى

Artinya: “Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk diriku sendiri, fardu karena Allah.”

DOA MENERIMA ZAKAT

Sama seperti pembayar zakat, orang yang menerima zakat juga dianjurkan untuk membaca doa. Ini, salah satunya, sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah swt. Berikut doa yang dianjurkan:

ﺁﺟَﺮَﻙ ﺍﻟﻠﻪُ ﻓِﻴْﻤَﺎ ﺍَﻋْﻄَﻴْﺖَ، ﻭَﺑَﺎﺭَﻙَ ﻓِﻴْﻤَﺎ ﺍَﺑْﻘَﻴْﺖَ ﻭَﺟَﻌَﻠَﻪُ ﻟَﻚَ ﻃَﻬُﻮْﺭًﺍ

Artinya: “Semoga Allah memberikan pahala atas apa yang engkau berikan, dan semoga Allah memberikan berkah atas harta yang kau simpan dan menjadikannya sebagai pembersih bagimu.”

Wallahu a’lam.