Apa Saja Dalil Sedekah? Berikut Penjelasannya

Sedekah menjadi ibadah yang dianjurkan dalam Islam. Adapun dasar atau dalil sedekah sudah tertuang di Al-Qur'an dan Hadits.

Apa Saja Dalil Sedekah? Berikut Penjelasannya
Dalil sedekah
hari-santri-daarul-quran
hari-santri-daarul-quran

Sedekah menjadi ibadah yang dianjurkan dalam Islam. Adapun dasar atau dalil sedekah sudah tertuang di Al-Qur'an dan Hadits.

Sedekah juga merupakan bentuk kepedulian seorang muslim kepada orang lain. Karena dengan bersedekah, maka telah membantu meringankan beban orang lain.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai dalil tentang sedekah. Apa saja?

Dalil Sedekah dari Al-Qur'an dan Hadits

Dalil sedekah terdapat dalam berbagai literatur baik itu Al-Qur'an maupun hadits. Dalil tersebut bisa menjadi landasan bagi setiap muslim untuk melakukan sedekah. Berikut di antaranya:

1. Surat Al-Munafiqun Ayat 10

Dalil sedekah yang pertama tertuang dalam Al-Qur'an lebih tepatnnya Surat Al-Munafiqun Ayat 10. Berikut terjemahnya:

"Dan belanjakanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang kematian kepada salah seorang di antara kamu; lalu ia berkata: “Ya Rabb-ku, mengapa Engkau tidak menangguhkan (kematian)ku sampai waktu yang dekat, yang menyebabkan aku dapat bersedekah dan aku termasuk orang-orang yang saleh?” (QS Al-Munafiqun: 10)

2. Surat Al-Hadid Ayat 18

Dalil tentang sedekah berikutnya adalah Surat Al-Hadid Ayat 18. Berikut terjemahan ayat tersebut:

"Sesungguhnya orang-orang yang membenarkan (Allah dan Rasul-Nya) baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat gandakan (pembayarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.” (QS Al-Hadid: 18)

3. Surat Saba Ayat 39

"Katakanlah: ‘Sesungguhnya Tuhanku melapangkan rezeki bagi siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan menyempitkan bagi (siapa yang dikehendaki-Nya)’.

Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dialah Pemberi rezeki yang sebaik-baiknya.” (QS Saba: 39)

4. Surat Al-Baqarah Ayat 261

“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS Al-Baqarah: 261)

5. Surat Ali Imran Ayat 134

“(yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.” (QS Ali Imran: 134)

6. Surat Al-Baqarah: 268

"Syaitan menjanjikan (menakut-nakuti) kamu dengan kemiskinan dan menyuruh kamu berbuat kejahatan (kikir); sedang Allah menjadikan untukmu ampunan daripada-Nya dan karunia. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengatahui.” (QS Al-Baqarah: 268)

7. HR. Thabrani

Dalil sedekah berikutnya terdapat dalam hadits yang diriwayatkan oleh Thabrani. Berikut bunyi hadits tersebut:

“Sedekah menutup 70 pintu keburukan.” (HR Thabrani)

8. HR. Bukhari

"Tidak ada suatu hari pun ketika seorang hamba melewati paginya kecuali akan turun (datang) dua malaikat kepadanya, lalu salah satunya berdoa;

Ya Allah, berikanlah pengganti bagi siapa yang menafkahkan hartanya. Sedangkan yang satunya lagi berdoa; Ya Allah, berikanlah kehancuran (kebinasaan) kepada orang yang menahan hartanya.” (HR Bukhari)

9. HR. Thabrani

"Wahai Aisyah, halangilah dirimu dari neraka meskipun dengan sebiji kurma, karena hal itu bisa menutupi orang lapar dari kelaparan.” (HR Thabrani)

10. HR. Thabrani

"Sesungguhnya sedekah itu memadamkan murka Allah dan menolak mati jelek (su’ul khotimah).” (HR Thabrani)

Itulah rangkuman mengenai dalil sedekah yang bisa kami kumpulkan. Adapun pelaksanaan sedekah bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja.

PPPA Daarul Qur'an menjadi lembaga pengelola sedekah terpercaya. Salah satu program terbaiknya adalah sedekah untuk penghafal Al-Qur'an.

Kemuliaan sedekah untuk para penghafal Al-Qur'an tentunya sangat banyak. Salah satu di antaranya adalah mendapatkan pahala yang mengalir hingga akhirat.

Klik di sini untuk ikut berpartisipasi dalam program sedekah untuk penghafal Al-Qur'an. Semoga bermanfaat.