Final MHQ Nasional Rumah Tahfidz

Final MHQ Nasional Rumah Tahfidz
hari-santri-daarul-quran
hari-santri-daarul-quran

Setelah dua pekan lebih berjalan, akhirnya gelaran Musabaqah Hifdzil Qur'an (MHQ) yang diinisiasi oleh Rumah Tahfidz Center memasuki babak final. Pada Kamis (22/10) pagi tadi, dilaksanakan final MHQ kategori 30 juz yang diikuti oleh tujuh santri dari berbagai rumah tahfidz.

Gelaran MHQ Nasional Rumah Tahfidz Center dilaksanakan melalui daring atau online. Sejak awal, acara ini memang dikhususkan untuk memperingati Hari Santri Nasional yang juga jatuh tepat pada hari ini.

Sudah sangat lazim perayaan Hari Santri Nasional diperingati dengan berbagai kegiatan yang mengikutsertakan santri-santri tanah air. Namun, pada tahun ini perayaan tersebut dialihkan menjadi virtual mengingat adanya pandemi Covid-19.

Selama dua pekan ke belakang, berbagai rumah tahfidz dari berbagai wilayah mengirimkan jagoannya. Dengan harapan mereka dapat menjadi yang terbaik dari masing-masing kategori. Terhitung, ada lebih dari 300 santri yang mendaftarkan dirinya mewakili rumah tahfidz mereka.

Pada babak final pagi tadi, ketujuh peserta menjalani ujian secara bergiliran. Masing-masing peserta mendapatkan setidaknya lima pertanyaan dari penguji. Peserta wajib meneruskan ayat yang dibacakan penguji.

Setelah seluruh peserta mengikuti ujiannya, juri pun menilai santri mana saja yang pantas diberikan gelar juara satu, dua dan tiga. Sedangkan pengumuman pemenangnya akan dilaksanakan ketika acara khatmil akbar sorenya. []